13 April 2014

Edisi Memilih Pemimpin

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memilih pemimpin yaitu dengan memilih sosok pemimpin yang adil. Pemimpin yang baik adalah seorang pemimpin yang dikagumi oleh orang - orang yang dipimpinnya. Dalam memilih seorang pemimpin haruslah bersandarkan pada prinsip – prinsip Islam.
Prinsip Islam dalam memilih seorang pemimpin adalah dengan memilih seseorang yang bisa menghubungkan antara ikatan manusia dengan ikatan Allah, seseorang yang bisa menyeimbangkan antara kebutuhan dunia dan akhirat, dan seseorang yang adil. Pemimpin haruslah seseorang yang mampu menegakkan keadilan.
Adil adalah ketika tidak ada kecenderungan yang dipengaruhi oleh hawa nafsu dalam memutuskan sesuatu sehingga apa yang diputuskan menyenangkan hati orang lain dalam penerimaannya. Pemimpin yang adil akan dimuliakan oleh Allah dan darinya akan lahir generasi – generasi yang adil.
Seorang pemimpin yang adil diibaratkan sebagai seorang pejuang yang akan dihadapkan dengan berbagai ujian baik berupa harta dan tahta dari amanah yang diemban. Sehingga sebagai seorang pejuang, pemimpin haruslah bersandar kepada Allah. Jadikan rasulullah menjadi suri tauladan, renungi cara kepemimpinan rasulullah dan para sahabat, milikilah ilmu pengetahuan yang luas terutama pengetahuan tentang agama, dan merujuklah kepada Al-Qur’an dan Hadist.
Pemimpin yang adil adalah cermin tegaknya hukum.
Maka, ciptakanlah dari keluarga kita pemimpin – pemimpin yang soleh dan solehah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar